PEMANFAATAN PEGAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI



L
           Artikel
    
PEMANFAATAN PEGAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI




 










OLEH:

INDA NOVIANI
X MIPA 1
NIS: 8004



PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMA NEGERI 1 JONGGAT
SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN)
Jalan Raya Ubung Km. 16 Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah - NTB
Telp./HP. 087860751946 Kode Pos 83561, E-mail: smansa_jgt@yahoo.co.id
Website: www.sman1jonggat.sch.id

2016
               MANFAAT PEGAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Pegas atau per merupakan suatu konstruksi yang sudah lama sekali digunakan dalam kehidupan manusia. Pegas sendiri merupakan suatu rangkaian kawat atupun besi yang memiliki bentuk berilir-ulir sehingga membentuk suatu konstruksi per. Dalam pengaplikasikannya, pegas seringkali di manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan.
Ukuran dari pegas sendiri bervariasi. Mulai dari pegas dengan ukuran yang kecil hingga pegas dengan ukuran yang sangat besar. Pegas ini nantinya akan menghasilkan suatu gaya fisika yang juga dikenl dengan istilah gaya pegas. Gaya pegas ini nantinya bisa membantu memantulkan suatu benda, atau bisa juga diguanakan untuk menahan, menarik, dan juga meredam goncangan dari suatu benda.
Pegas saat ini sudah menjadi salah satu hal yang dimiliki oleh banyak perkakas. Berikut ini adalah beberapa manfaat pegas dalam kehidupan sehari-hari.
1.      Pembuatan Spring bed
Pernah mendengar nama benda ini? Spring bed merupakan salah satu jenis kasur yang dinilai sangat nyaman untuk digunakan. Spring bed merupaka jenis kasur yang memanfaatkan pegas untuk membantu meningkatkan kenyamanan. Di dalam kasur tersebut terdapat banyak sekali konstruksi pegas atau per yang dapat menahan beban yang sangat berat dan tetap nyaman untuk digunakan.
Tidak hanya kasur seperti pada umumnya, manfaat kasur angin juga baik untuk kesehatan karena dapat mencegah berbagai penyakit. Kasur angin juga lebih fleksibel dan nyaman oleh karena itu banyak digunakan orang untuk bersantai.
2.      Shock-breaker Kendaraan
Didalam dunia otomotif manfaat pegas tidak bisa diganggu gugat. Pengguanaan shock-breaker atau shock absorber ini pada suatu kendaraan sudah mutlak mengguanakan pegas dan juga gaya pegas. Dengan adanya pegas pada kendaraan bermotor. Maka kenyamana dari kendaraan bermotor akan selalu terjaga.
Ketika kendaraan bermotor melaju dijlan yang berlubang maka pegas akan bekerja, sehingga dapat meredam guncangan-guncangan yang muncul pada kendaraan bermotor. Karena itu penggunaan pegas akan semakin meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Selain itu pegas pada kendraan bermotor juga memiliki manfaat untuk menjaga kestabilan dari kendaraan bermotor ketika sedang bermanuver, seperti berbelok dan juga melaju dengan kecepatan tinggi.
Gaya gesek yang dirasakan pada kendaraan yang memiliki pegas akan berbeda dan lebih halus. Manfaat gaya gesek juga dapat dirasakan dengan kombinasi pegas, maka dari itu mesin dalam kendaraan akan sebaik mungkin menggunakan pegas yang berkualitas sehingga gaya gesek yang dirasakan semakin kecil.
3.      Katapel
 Contoh yang sangat sederhana dan mungkin sering anda temui adalah ketapel. Ketika hendak menembak burung dengan ketapel misalnya, karet ketapel terlebih dahulu diregangkan (diberi gaya tarik). Akibat sifat elastisitasnya, panjang karet ketapel akan kembali seperti semula setelah gaya tarik dihilangkan

4.      Dinamometer  
Pernahkah dirimu melihat dynamometer? Dinamometer adalah alat pengukur gaya. Biasanya digunakan untuk menghitung besar gaya pada percobaan di laboratorium. Di dalam dinamometer terdapat pegas. Pegas tersebut akan meregang ketika dikenai gaya luar. Misalnya anda melakukan percobaan mengukur besar gaya gesekan.
5.      Pengukur Berat Badan
             Pernahkah anda mengukur berat badan ? timbangan yang anda gunakan untuk mengukur berat badan (dalam fisika, berat yang dimaksudkan di sini adalah massa) juga memanfaatkan bantuan pegas.
6.      Tiang dan Balok Penyanggah Pada Pintu
Setiap rumah atau bangunan lainnya pasti memiliki pintu atau penghubung ruangan . Kebanyakan bangunan menggunakan batu dan bata sebagai bahan dasar (disertai campuran semen dan pasir).Persoalannya, batu dan bata sangat lemah terhadap tarikan dan geseran walaupun kuat terhadap tekanan. kamu bisa membuktikan hal ini. Jika disekitar tempatmu terdapat batu dan bata, jika batu dan bata ditumpuk (disusun secara vertikal) dalam jumlah banyak, batu dan bata tidak mudah patah (bentuknya tetap seperti semula). Dalam hal ini batu dan bata sangat kuat terhadap tekanan. Tetapi jika batu dan bata mengalamitegangan tarik dan tegangan geser, batu dan bata mudah patah. Oleh karena itu digunakan balok untuk mengatasi masalah ini. Balok mampu mengatasi tegangan tarik, tegangan tekan dan tegangan geser. Jika anda amati balok penyanggah pada pintu rumah, tampak bahwa balok tersebut tidak berubah bentuk. Sebenarnya terdapat perubahan bentuk balok , hanya perubahannya sangat kecil sehingga tidak tampak ketika dilihat dari jauh. Bagian atas balok mengalami mampatan akibat adanya tegangan tekan yang disebabkan beban di atasnya (batu dan bata dkk), sedangkan bagian bawah balok mengalami pertambahan panjang (akibat tegangan tarik). Tegangan geser terjadi di dalam balok.
7.      Konstruksi Dari Perkakas
Beberapa jenis perkakas seperti kunci inggris membutuhkan pegas untuk dapat bekerja dengan baik. Dengan adanya pegas maka kunci inggris dan juga perkakas lainnya bisa digunakan dan juga bermanfaat. Kunci yang terbuat dari bahan campuran besi dan baja ini sngat kuat dan cukup tahan lama dalam masanya. Hal ini karena manfat timah yang dapat membuat kombinasi dari besi dan baja lebih kuat sehingga sangat cocok untuk penggunaan perkakas konstruksi lainnya.
8.      Membantu Menahan Suatu Benda Agar Bisa Bergerak
Penggunaan pegas juga sering dimanfaatkan untuk membantu menahan suatu benda agar bisa bergerak dengan mudah . contoh yang paling mudah adalah konstruksi pegas berupa per pada sepedah motor, standar pada sepedah dan juga sepeda motor juga memiliki konstruksi pegas berupa per pada bagian standar tersebut bisa naik dan juga turun tanpa kehilanganmomentum, sehingga bisa digunakan untuk membantu menahan dan juga sepeda agar tidak terjatuh.

9.         Sebagai Media Rekreasi
Beberapa media rekreasi dan juga permainan juga memanfaatkan konstruksi pegas. Biasanya rekreasi seperti ini merupakan bentuk media rekreasi yang melompat- lompat dengan menggunakan srik khusus sehingga permainannya bisa melompat dan juga bergerak keberbagai tempat dengan memanfaatkan kekuatan pegas.
Seperti yang diketahui melompat adalah salah satu olahraga yang juga menyehatkantubu. permainain ini bisa ditemukan ditaman bermain atau ditempat penghijauan dengan taman mini yang cukup menarik. Manfaat penghijauan ini juga akan membantu mereleksasikan tubuh dengan tambahan permainan melompat dan prmainan lainnya yang cukup baik untuk kesehatan.
10.     Mempermudah Pekerjaan Manusia
Manfaat lainnya dari pegas adalah membantu mempermudah beban pekerjaan manusia. Beberapa pekerjaan yang berat apabila harus dilakukan sendiri tanpa alat bantu akan menjadi mudah dengan memanfaatkan pegas. Sudah banyak sekali penemuan-penemuan yang memanfaatkan pegas untuk membantu pekerjaan manusia. Kebanyakan pekerjaan ini merupakan jenis pekerjan yang berhubungan dengan bidang teknik seperti teknik mesin, teknik bangunan, dan jenis pekerjaan teknis lainnya yang berhubungan dengan beban-beban berat. Saat ini juga banyak bangunan yang menggunakan pegas agar lebih kokoh dan tahan terhadap guncangan. Pegas sendiri juga bisa dikombinasikan dengan kayu, seperti pada mainan yang terbuat dari kayu. Kayu yang digunakan bisa dengan kayu jati ini cukup bisa digunakan untuk apa saja dan kayu ini memiliki kualitas yang cukup baik.
11.     Untuk Menahan Beban
Anda memiliki suatu kendaraan berat, seperti truk yang biasa digunakan untuk mengangkut pasir dan juga beban berat lainnya? Bayangkan apabila tidak ada pegas didalam konstruksi truk tersebut. dengan adanya pegas, maka beban yang ditanggung oleh suatu kendaraan akan menjadi lebih baik, shingga tidak terjadi kerusakan pada kendaraan tersebut. pegas dapat membantu untuk menahan beban yang diletakkan pada kendaraan.
12.     Penggunaan Dalam Bidang Otomotif dan Teknik Mesin
Pegas juga sering dimanfaatkan untuk penggunaan didalam bidang otomotif dan juga teknik mesin. Bagian-bagian dari suatu mesin juga memanfaatkan konstruksi pegas, seperti per kleb, per kopling dan berbagimacam konstruksi mesin lainnya.
Seperti yang diketahui kendaraan jenis apapun tentungay menggunakan pegas untuk kenymanan penumpang maupun pengemudi agar berkendara menjadi lebih baik dan merupakan faktor keamanan. Dikatakan keamanan karena pegas jukup baik dalam hal menarik maupun menahan kendaraan yang melaju maupun berhenti, berbeda dengan kendaraan tradisional yang tidak terlalu mengunakan pegas seperti delman. Manfaat delman yang banyak digunakan masyarakat sebagai transportasi sampingan dan cukup ramah lingkungan selain transportasi umum yang modern. Oleh karenanya delmn menggunakan hewan kuda dalam pengemudiannya.


Itulah beberapa manfaat pegas bagi kehidupan kita sehari-hari. Tak disangka, ternyata pegas memiliki banyak sekali manfaat yang tidak kita sadari. Semoga artikel mengenai manfaat pegas ini dapat bermanfaat dan juga dapat meanambah wawasan kita.


  DAFTAR PUSTAKA








LAMPIRAN


     (timbangan)                                             (Shock-breaker)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmmHk1SRqxhnBdgsHBwfIZd6C5Fj8ZvMV5sV9PuCHoKIR2L0wzs7mwVx1OeZkYqiNEeIMdMi2vnrEobR1gNgEEDj1nbgQSMIefGFgHuaVxrdJP0m05OVp8jy9Y3um-0tnwCmUeOuBC_9J-/s1600/dinamometre.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVYF4LIT22jluyO6GgOmCxrnOpbar-ZHMOQxRP2vH19ULtFSg_qE4srhFqBTSVPD811_gmjiWTI-rITsqO0wqgwvidz2cgQFJm7EiAfHKGYR9uCy1qaJ5rS7IefYmVbs5by4IMmqOov7Hj/s1600/ketapel.jpghttps://html2-f.scribdassets.com/ufygvph3446otdy/images/2-e5783ede18.jpg        (Spring bed)                                                         (ketapel)








                                   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NASKAH DRAMA 5 ORANG (komedi, nangis, semuanya ada )

RANCANGAN PERCOBAAN PERTUMBUHAN PADA BIJI KACANG HIJAU

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA DERAJAT IONISASI LARUTAN ELEKTROLIT