Cara dan Tips Menghadapi UNBK 2018


Cara dan Tips Menghadapi UNBK :D
Assalamu’alikum warahmatullahi wabarakatuh
Hii guyss..dalam blog kali ini gua gak posting msalah tugas melainkan, gua bakalan ngasih tips-tipsyang kira-kira bakalan bermanfaat buat kalian semua karena just for info nih kayaknya gua ga bakalan ngeposting masalah jawaban tugas SMA kayak yang gua lakuin sebelum-sebelumnya.. karena gua udah LULUS SMA dan bakalan jadi mahasiswa hehehe....
Nah oleh karena itu gua bakalan ngasih tips sekaligus pengalaman gua pas ngadepin yang namanya UNBK ini guyss...
Mungkin gua bakalan mulai dari cerita dari semester akhir atau semester 6 aja lah yaa... atau dari try out karena sekolah gua tuh... super banget ngejer target.. kalian bisa bayangin dari ujian praktek yang hanya seminggu dan selanjutnya cuma jeda sehari itu pun karena hari minggu langsung senennya kita semesteran tgl 10-16 maret 2018 dan setelah itu lagi-lagi karena tgl merah yaitu tgl  17-18 kita dapet jeda Cuma 2 hari itu aja untuk bernapas hehehhe... dan next tgl 19-27 kita udah mulai USBN, bisa bayangin seberapa mumetnya kepala aeng gara-gara jadawal yang sebegitu numpuknya... huhhh super dehhh pokonyaa, tapi yaa mau tidak mau ya harus mau ngejalanin itu.... dan untungnya aja gua udah siep-siep 2 bulan sebelumnya untukkemungkinan terburuk yang bakalan gua hadapi dan see bener jadwal ujannya gak terduga bakalan sederet beguti.. ya kalok jadwal UNBK sama USBN udah tau tapi masalhnya mahh yang semesteran itu bikin puyeng, materi soalnya dari mulai kls 10-12 .. udah kayak USBN banget dan itu gak sekali guyss pas semester 5 pun sama ...dan utung aja udah kebiasaan jadinya kan walaupun guanya gak pernah ikut bimbingan belajar yang bayarnya jutaan itu loo.. hehehe..
Okeee kita mulai aja yaa tips-tips nya...
1.  SIAPKAN MENTAL
OK. Pertama yang harus kamu siapkan adalah mental setebal baja, kenapa gua bilang gini karena gua jamin dari kelas 11 kalian bakalan takut denger namanya UNBK, dengan cerita zereemnya dari kakak kelas kalian + dari bapak dan ibu guru tercinta kalian di sekolah yang mengatakan “kalian harus bisa siapkan diri sedini mungkin anak-anak, jangan seperti kakak kelas kalian yang sekarang Cuma sedikit persiapannya”
Yaa kurang lebihnya seperti itu lah guru-guru tercinta kita menasihati kita, dan semua itu memang bener, dimana kita harus mempersipakan diri dari kita naik kelas 11 dan bahkan siapkan rencana dari kelas 10, apa dan bagaimana kita nanti.. Nah... sebenernya rasa takut itu baik-baik aja sih buat kita karena dengan rasa takut itu kita bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bakalan terjadi, tapi yang gua garis bawahi adalah kalian terlalu takutlahh karena gak akan sezereemm itu, ASALKAN kalian udah emang mateng banget persiapanya... soo mental dan ketenangan kalian dalam menyusun semua rencana bakalan jadi modal yang baik untuk memulai mempersiapkan UNBK itu sendiri.
2. Susun Strategi Belajar
Next... yang ke-2 adalah susun strategi belajar. Menurut gua ini adalah salah satu hal yang paling penting dalam persiapan UNBK itu sendiri, kenapa..?
Karena dengan kita menyusun strategi gimana cara kita
-          belajar biar efektif,
-          hari apa aja kita belajarnya,
-          dari mana mulai kita belajar
-          bagusnya waktunya kapan aja...dll
Itu semua saaangaat penting karena itu bakalan memberi keteraturan dan dorongan buat kita sendiri dalam belajar, biar gak bolong-bolong gitu belajarnya..hehe..
Soo akan lebih baik buat kalian untuk menulis strategi itu kemudian tempel di tempat yang bakalan sering kalian liat, mungkin di depan meja belajar, pintu atau di manapun yang penting kalian bisa liat dan ingat bahwa ohh hari ini jam sekian gua harus belajar... dan kalok bisa kalian bisa tulis judulnya “STRATEGI PERANG DUNIA KE-3” hehehe bukan tanpa alasan yaa.. kenapa strategi perang, karena orang perang aja butuh strategi biar gak kalah perang, masak kita gak butuh .. hehehewkwkwk..
Dan emang di dunia ini semuanya butuh strategi sih... dan salah satunya adalah buat ngadepin UNBK ini guysss.. dan kenapa PERANG DUNIA KE-3. Karena menurut gua ngadepin UNBK SMA tuhh kayak perang dunia ke-3 ... karena perang dunia pertama sama ke-2nya udah di SD sama SMP.. hehhehe... soo perang ke-3nya di SMA..
3. Jadwalkan latihan soal sedini mungkin
Tips yang ke-3 ini berkaitan banget nih sama yang ke-2 di atas di mana setelah kita buat jadwal belajar kita juga harus jadwalin latihan sedini mungkin, maksud gua nih yaa misalkan kalian dah pada buat jadwal belajar nih soo kalian bakalan jadwalin tuh latihan yang mana nih yang harus gua pelajarin dan itu penting banget menurut gua, karena dengan kita tau apa yang akan kita hadapi dan yang mana harus kita pelajari mana yang penting dan sekiranya kurang penting, belajar jadi gak terlalu berat guyss.. dan yang harus kalian ingat adalah pelajari soal latihan UNBK itu sendiri dari tahun-tahun sebelumnya mulai dari soal 5 tahun sebelumnya ato mungkin kalian mau yang lebih keren lagi 7 tahun sebelumnya.. nah kalian bisa download tuh soal-soal UNBK di internet bahkan sama pembahasannya pun ada loo.. dan kalok gua boleh saran nih, kalian bisa beli buku yang kumpulan soal dan pembahasan UNBK yang tebel itu lo guys dan sama pembahasannya juga lahh yaa tentunya. Dan mendengar kata tebel nih kalian jangan males ya liat buku segitu tebelnya, karena dengan kalian udah buat jadwal tadi maka kalian bakalan lebih mudah untuk ngabisin uh pembahasan soal yang segitu tebelnya. Dan gua jamin kalian semua pasti bisa ngelakuin itu.
Dan sekarang pertanyaannya adalah “gimana cara ngabisinnya kak ?”
Oke,,


4. Latihan Soal Setiap Hari
Dan di tips ke-4 ini gua bakalan jawab pertanyaan kalian tentang gimna nih cara latihan soal setiap hari tapi gak bosen..
1)  setiap hari kalian harus belajar dan jawab soal-soal pembahasan UNBK yang ke-4 mapel itu. Dan ini jangan semuanya di bahas 50 soal sekaligus yaa.. karena gua jamin kalian bakalan bosen banget sangking banyaknya kan..?? gua lebih memilih buat jawab soal itu maksimal 10soal/mapel. Karena kenapa ?? dimana kalok kalian sehari udah jawab 10 soal/mapel aja kalian udah berhasil ngejawab 40 soalkann.. dan itu semua mapel yang bakalan di UN kan, jadi jangan takut kalian bakalan bosen dengan materi yang itu-itu aja yaa..
2) tetep rutin latihan soal setiap hari.
Di sini kalian gak boleh yang namanya bolong latihan soal setiap hari walaupun mungkin kalian butuh refresing hari minggunya ya its OK menurut gua dan itu wajar saja, dan silahkan, TAPI...yang kalian harus inget adalah jangan sekali-kali bolong belajarnya selain hari minggu karena sekali kalian bolong belajar maka kalian akan ketagihan, dan pada akhirnya kalian bakalan gak belajar sama sekali dan yang gua saranin adalah belajar lah selama 5-15 menit sehari kalok kalian memang bener-bener lagi males banget belajar, jangan belajar 70 menit sekali dalam seminggu karena belajar 5-10 menit sehari akan lebih bermanfaat ketimbang belajar 70 menit tapi Cuma sekali seminggu.
3) Istirahat setiap pergantian Mapel. Hal yang satu ini penting menurut gua karena dengan kita memberikan jeda kepada otak kita untuk beristirahat sejenak, maka akan lebih meningkatkan kerja otak kita pada kerja selanjutnya. Dan berikanlah jeda setiap kalian selesai mengerjakan+ membahas soal 10 biji dari setiap mapelnya.. entah itu kalian gunakan buat buka chat ato sekedar memandangi tembok misalkan... tapi ingat hanya 10 menit doang yaa..!!!
4) Jauhkan semua yang menggangu penglihatan dan konsentrasi belajar kalian.
Tips yang satu ini penting banget, dan hampir aja gua lupa bahas tadi, soo hal-hal yang gua jauhin dari penglihatan gua ketika gua mau belajar adalah.
1.   Sampah, kenapa sampah? Karena gua pribadi gak bisa yang namanya belajar i tempat kotor dan ini berlaku buat kalian semua juga tanpa terkecuali. Dimana sebelum gua mulai belajar gua bakalan ngebersihin tuh kamar gua, meja belajar gua dan sebagainya yang menurut gua mengganggu kenyamanan tempat belajar gua.
2.  Matiin HP. Seperti yang kalian tau kids jaman now kan tergantung banget nih sama satu benda ini, dan saran gua matiin data seluler kalian + kalok bisa sillent itu hp dan jauhkan dari pandangan kalian. Dan kalian bisa buka hp kalok misalkan kalian lagi istirahat aja.. kayak yang gua tulis di tips point ke-3 di atas guyss.
5. Main-main jadi peserta UNBK.
Di tips yang ke-5 ini, yang aku maksudkan adalah kalian main-main jadi peserta UNBK adalah, kalian bisa tuh sekali dalam seminggu ngadain try out sendiri di rumah, dengan mengeset waktu sendiri tentunya dan bahkan kan sekarang banyak tuh aplikasi-aplikasi UNBK yang bener-bener kayak kondisi UNBK itu sendiri, dengan waktu yang 120 menit dan soal-soalnya pun berkualitas dan langsung keliatan lagi point kita pas selesai ngejawab semua soalnya, yang jelas kalian semua kids jaman now atau yang bukan sekalipun pasti tau lah yang gua maksud. Ooh ya dan aplikasi-aplikasi ini bisa kalian download di play store untuk yang HP adroit.
6. BERDOA KEPADA YANG MAHA KUASA.
Oke finally, TAHAP yang paling penting dan kalian gak boleh lupa adalah berdoa kepada yang maha kuasa, karena kenapa...?? karena gak ada yang namanya keberhasilan jika tidak di barengi oleh doa dan usaha, usaha aja gak akan sukses dan doa saja juga gak akan jadi.

OH YAAA kalian semuaharus inget satu pepatah yang sangat terkenal dari imam syafi’i :
bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan”

Di akhir kata saya mengucapkan minta maaf bila ada kesalahan kata, karena kesalahan itu datangnya dari saya dan yang baik-baik datangnya semata-mata hanya dari ALLAH SWT.
SEMOGA BERMANFAAT
Dan maaf kalok ada yang typo.. :D
Assalamu’alakimu warahmatullahi wabarakatuh...
Salam ku BYEEEEEE GUYSSS..
Sampai jumpa di tulisan berikutnyaa.. :D


Salam hangat dari aku😄😊😊 


INDA NOVIANI 
#loplop

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NASKAH DRAMA 5 ORANG (komedi, nangis, semuanya ada )

RANCANGAN PERCOBAAN PERTUMBUHAN PADA BIJI KACANG HIJAU

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA DERAJAT IONISASI LARUTAN ELEKTROLIT