KREASI UNIK GANTUNGAN BAJU DARI RANTING KAYU (laporan PROSES PERENCANAAN)

Hi.. I am inda ... 
KREASI UNIK GANTUNGAN BAJU DARI RANTING KAYU

       I.            Tujuan
Untuk meminimalisir limbah di dunia ini dan terutama di sekitar kita atau dengan    kata lain untuk memaksimalkan pemamfaatan limbah, baik itu limbah organik maupun non organik. Maka dibuatlah prakarya yang bernilai fungsional dari bahan limbah ini yaitu gantungan baju dari ranting kayu.

    II.            landasan teori
Penjual atau pengrajin kayu biasanya kalau menebang pohon hanya mengambil pohon kayu yang besar saja, dan meninggalkan ranting yang kecil dan agak besar, atau mereka tetap mengambilnya untuk dijadikan kayu bakar. Padahal, selain dibuat kayu bakar, ranting pohon bisa dimanfaatkan menjadi kreasi unik seperti gantungan baju, vas bunga tempat pensil, hiasan unik dan kreasi lainnya.
Kali ini saya dan teman – teman saya akan membuat salah satu dari prakarya tersebut yakni gantungan baju dari ranting kayu. Karya ini adalah prakarya yang multi fungsi tidak hanya untuk gantungan baju, syal, scraf, jaket dan juga tas, tapi sekaligus menjadi hiasan atau pajangan rumah. Kita juga bisa memasang  di ruang tamu sebagai hiasan maupun untuk fungsi utamanya yaitu sebagai gantungan baju, syal dll, dimana tamu mungkin ingin menggantung baju atau syal maupun jaket mereka.

 III.            alat dan bahan
Berikut bahan dan alat yang perlu disiapkan:
–  Ranting kayu yang bercabang
–  Papan/triplek
–  Gergaji
–  Bor dan baut (jika diperlukan)
–  Paku dan palu
–  Lem kayu

 IV.            cara kerja

1.      Gergaji papan/triplek menjadi 4 potong lalu susun tiga potong membentuk persegi panjang (tanpa bagian atas) dengan panjang dan lebar sesuai selera.
2.      Gunakan lem kayu untuk menyusun papan/triplek, tambahkan dengan paku jika diperlukan.
3.      Ukur ranting kayu sesuai panjang papan persegi panjang, lalu tandai dengan gergaji (dengan memilih yang ada cabang pada  tiap potong ranting). Usahakan panjangnya pas agar tidak longgar saat dipasang.
4.      Gergaji ranting kayu yang anda tandai tadi.
5.      Olesi lem pada salah satu ujung ranting lalu pasang satu-persatu pada papan secara berjejer dari ujung ke ujung.
6.      Setelah ranting terpasang semua, olesi ujung ranting satunya dengan lem lalu tutup bagian atas sisi persegi panjang dengan papan yang sudah dipotong.
7.      Bor bagian atas papan tepat di tiap ranting lalu pasang baut (jika diperlukan).
8.      Tancapkan dua paku atau seperlunya pada dinding kemudian gantungkan gantungan baju yang sudah jadi. Tambahkan paku tepas di bawah bagian bawah papan untuk memperkuat gantungan.

    V.            data pengamatan
Pengamatan yang kelompok saya lakukan adalah dari segi
1.      Biaya produksi dan harga jual produk
Dari segi biaya produksi produk ini cukup minim biaya produksi dikarenakan alat serta bahan limbah yang digunakan sangat sederhana dan mudah untuk kita jumpai, yaitu hanya menggunakan bahan kayu bekas dan ranting kayu yang sudah tidak digunakan.
Dari segi harga jual produk, seperti hasil pengamatan, harga jual produk ini akan sangat besar, dikarenakan salah satu alasannya adalah pada zaman yang modern ini, semakin modern manusianya tetapi selera dan keinginannya lebih kearah klasik dan natural, sehingga banyak masyarakat kita yang lebih menyukai hal – hal yang bersifat natural (menuju kealam) dan klasik (kebudayaan), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasannya produk ini akan sangat diminati baik itu sebagai hiasan maupun sebagai fungsi utamanya yaitu sebagai gantungan baju.
2.      Segmentasi pasar
Semakin modern manusianya tetapi selera dan keinginannya lebih kearah klasik dan natural, sehingga banyak masyarakat kita yang lebih menyukai hal – hal yang bersifat natural (menuju kealam) dan klasik (kebudayaan), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasannya produk ini akan sangat diminati baik itu sebagai hiasan maupun sebagai fungsi utamanya yaitu sebagai gantungan baju.
3.      Teknik Produksi
Dalam produk ini tidak menggunakan teknik khusus melainkan hanya dengan teknik yang biasa saja yaitu memotong, merakit dan finishing. Dimana dalam merakitnya hanya dengan memaku ranting ke papan alas dari gantungan ranting kayu ini.
4.      Produksi
Untuk proses produksi sendiri, produk ini tidak akan memakan banyak biaya dan waktu pengerjaan (produksi), dikarenakan produk ini sangat mudah untuk dibuat, seperti yang telah dijelaskan diatas bada bagian cara kerja, langkah – langkah pengerjaan yang hanya ada 8 serta dengan pengerjaannya yang sangat mudah dapat meminimalisir waktu produksi
5.      Pemasaran
Dari segi pemasaran sendiri, produk ini sangat menguntungkan, dimana karena tidak banyak perusahaan dagang yang menjual produk yang multi fungsi seperti produk ini, walaupun ada satu atau dua perusahaan mebel yang menjual produk seperti ini, namun dengan harga yang cukup tinggi, sehingga kemungkinan besar serta dari analisa hasil pengamatan, produk ini yaitu gantungan baju dari ranting dengan desain yang unik dapat mengalahkan produk perusahaan besar dengan harga yang terjangkau untung semua kalangan masyarakat.

 VI.            kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari proses produksi produk ini adalah, bahan buangan (limbah) dapat menjadi bahan uang, dengan keuntungan yang besar, dan dapat menjadi usaha berkelanjutan.
LAMPIRAN


large.jpg            Gambar 1.1 : Gantungan baju dari ranting kayu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NASKAH DRAMA 5 ORANG (komedi, nangis, semuanya ada )

RANCANGAN PERCOBAAN PERTUMBUHAN PADA BIJI KACANG HIJAU

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA DERAJAT IONISASI LARUTAN ELEKTROLIT